Selasa, 13 Maret 2018

Psikologi Klinis

 PSIKOLOGI KLINIS

Definisi dan Ruang Lingkup Psikologi Klinis

    Psikologi klinis adalah cabang psikologi yang berfokus pada penanganan,penganalisisan, dan diagnosa penyakit-penyakit jiwa.
  Psikologi Klinis merupakan bidang yang membahas kajian, diagnosis dan penyembuhan (treatment) masalah-masalah psikologis, gangguan (disorder) atau tingkah laku abnormal . 
        Psikologi klinis merupakan psikologi terapan untuk menentukan kapasitas dan karakteristik tingkah laku indi'idu denganmenggunakan metode pengukuran assessment, analisa dan obser'asi serta uji fisik dan riwayat sosial agar dapat diperoleh saran dan rekomendasi untuk membantu penyesuaian diri individu secara tepat. 
    Psikologi klinis merupakan integrasi dari sains,teori, dan pengetahuan klinis.Psikologi Klinis dapat diartikan secara sempit maupun luas, yaitu mempelajariorang-orang abnormal dengan menggunakan assessment sebagai bagian integral yang biasa digunakan, membahas kesulitan-kesulitan maupun rintangan emosional padamanusia tanpa memandang normal atau abnormal serta melihat gejala yang dapatmemungkinkan mengurangi kebahagiaan manusia.
 
   Psikologi Klinis menggunakan konsep-konsep psikologi abnormal, psikologi perkembangan, psikopatologi dan psikologi kepribadian, serta prinsip-prinsip dalam asesmen dan inter'ensi, untuk dapat memahami dan memberi bantuan bagi mereka yang mengalami masalah-masalahpsikologis. Permasalahan psikologis yang ditangani oleh psikologi klinis meliputi banyak hal, mulai dari Kelainan emosi jangka pendek, seperti konflik keluarga hingga kelainan mental  yang sangat parah, seperti schizophrenia. 
  Psikologi klinis adalah suatu bagian dalam ilmu Psikologi yang kegiatannyamelakukan penelitian terhadap perilaku manusia, menerapkan hasil penelitian tersebutdan melakukan assessment. 
Psikologi klinis menggunakan konsep-konsep psikologiabnormal, psikologi perkembangan, psikopatologi dan psikologi kepribadian sertaprinsip-prinsip dalam assesment dan inter'ensi untuk dapat memahami masalah-masalah psikologis, gangguan penyesuaian diri dan tingkah    laku  abnormal.
 
Karakteristik Psikologi Klinis:
a. Merupakan bagian psikologi yang tertarik pada perilaku dan proses mental,khususnya manusia
b. Melakukan penelitian mengenai perilaku dan proses mental. 
c. Terlibat dalam  assessment dianalisis dan ditafsirkan (kesimpulan). 
d. Psikologi klinis menolong orang yang masalah atau kesulitan psikologis.
Clinical Attitude
a. Psikologi klinis berusaha memahami manusia dan menolong indi'idu yangmengalami masalah + tekanan psikologis.
b. Seorang klinisi tidak berhenti pada hasil-hasil penelitian mengenai perilaku dan proses mental, tetapi juga berusaha menerapkan hasil penelitian dan mengupayakan assessment individual untuk memahami, menolong, dan mnyembuhkan individu.




0 comments:

Posting Komentar